Tautan-tautan Akses

Pemimpin Shiah Irak Adakan Pembicaraan Untuk Membentuk Pemerintah Baru


Para pemimpin Shiah Irak bertemu Ahad ini untuk berusaha menembus kemacetan hampir 4 bulan dalam memilih perdana menteri pemerintah baru. Aliansi Persatuan Irak, koalisi golongan Shiah yang terdiri dari golongan terbesar di parlemen Irak, menghadapi tekanan semakin besar agar menarik kembali pencalonan Perdana Menteri Ibrahim al-Jaafari sebagai calonnya untuk memimpin pemerintah baru itu.

Pencalonan Al-Jaafari menjadi penghalang utama dalam usaha untuk membentuk pemerintah persatuan hampir 4 bulan sesudah pemilu parlemen yang bersejarah di Negara itu. Golongan Arab Sunni dan Kurdi menentang al-Jaafari karena gagal menghentikan aksi kekerasan antar golongan di Irak.

Pihak militer Amerika di Iraq mengatakan pasukan Amerika Serikat di Irak telah menewaskan delapan tersangka teroris dalam penggerebekan terhadap fasilitas pembuatan bom tidak jauh di luar kota Bagdad Minggu pagi.

Sementara itu, pihak berwenang Irak mengatakan seorang tewas dan dua polisi luka-luka sewaktu bom pinggir jalan meledakkan mobil patroli polisi yang lewat. Seorang lainnya tewas dalam serangan bom terpisah dekat Bagdad.

XS
SM
MD
LG