Tautan-tautan Akses

Oposisi: Rakyat Boikot Pemilu Thailand Sebagai Protes Terhadap Thaksin


Partai-partai oposisi di Thailand mengatakan rakyat memboikot pemilu awal, pada hari Minggu, sebagai protes terhadap Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang sedang terpojok. Pihak oposisi tidak mau mengajukan calon dalam pemilihan itu yang diumumkan Perdana Menteri Thaksin akhir Februari lalu, tiga tahun lebih awal dari jadwal.

Para Pejabat Thailand menolak tuntutan pihak oposisi agar menunda pemilu itu karena oposisi menuduh Perdana Menteri Thaksin curang. Partai Perdana Menteri Thaksin, Thai Rak Thai diduga akan memenangkan pemilu dengan mudah, berkat dukungan kuat padanya di daerah-daerah pedesaan.

Para pengecamnya mengatakan mereka akan tetap berusaha menjatuhkannya, tidak peduli apapun hasil dari pemilu itu. Ribuan pengunjuk rasa telah mengadakan aksi unjuk rasa dalam bulan-bulan belakangan ini, menuduh pemerintahannya melakukan korupsi dan menyalah-gunakan kekuasaan. Mereka marah oleh putusan keluarga Thaksin menjual saham perusahaan yang didirikannya senilai 1,9 milyar dolar dan bebas pajak.

XS
SM
MD
LG