Tautan-tautan Akses

Pemimpin Politik Irak Kembali Gagal Sepakati Pembentukan Kabinet


Para pemimpin syiah, Arab sunni dan Kurdi telah melangsungkan lagi pertemuan untuk membentuk pemerintahan baru, tetapi kembali gagal mengatasi pertikaian yang telah merintangi terbentuknya kabinet selama tiga bulan.

Para pemuka politik Irak melangsungkan sidang pertemuan multipartai ke-enam hari Sabtu di Bagdad. Pertemuan berlangsung saat sebuah delegasi tingkat tinggi Amerika pimpinan Senator John McCain bertemu dengan Presiden Irak Jalal Talabani dan Perdana Menteri Ibrahim al-Jaafari.

Delegasi itu menyampaikan pesan keras bahwa publik Amerika sudah kehilangan kesabaran dengan kemacetan membentuk kabinet dan menginginkan hasilnya segera. Sementara itu Duta Besar Amerika untuk Irak, Zalmay Khalilzad menyerukan agar para pemimpin Irak yang terpecah mengendalikan kaum milisi yang mengancam mengoyak negara itu.

Dalam kekerasan terbaru paling kurang 13 orang Irak tewas hari Sabtu dalam berbagai serangan di negara itu, dan polisi Bagdad menemukan 10 jenazah lagi yang menunjukkan tanda-tanda disiksa.

XS
SM
MD
LG