Tautan-tautan Akses

India dan AS Sepakat Mengenai Pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Nuklir


India dan Amerika Serikat telah mencapai kata sepakat mengenai pelaksanaan perjanjian kerjasama nuklir sipil yang telah dirundingkan selama berbulan-bulan.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengumumkan hal itu pada konferensi pers gabungan dengan Presiden Bush setelah pembicaraan mereka hari ini di New Delhi.

Bush mengatakan tidak mudah bagi kedua pihak mencapai apa yang disebutnya persetujuan yang perlu, tetapi dia akan bekerja keras untuk meyakinkan Kongres AS mengenai manfaat persetujuan itu bagi Amerika Serikat dan juga India.

Presiden Bush mengatakan ia mendorong India dan Pakistan untuk menyelesaikan pertikaian lama mereka mengenai wilayah Kashmir. Ia mengatakan pembicaraanya dengan Singh juga mencakupo isu perdagangan dan pertanian.

Pembicaraan Bush dengan Singh dimulai setelah upacara penyambutan resmi di sebuah istana bersejarah dan kunjungan untuk menaruh karangan bunga di tugu peringatan bagi Mahatma Gandhi, yang dikenal luas sebagai Bapak negara India.

Ribuan pengunjuk rasa yang memrotes kunjungan Bush itu berkumpul di ibukota India itu hari ini, dan para anggota badan legislatif dari partai-partai sayap kiri mengadakan aksi unjuk rasa di gedung Parlemen nasional.

XS
SM
MD
LG