Tautan-tautan Akses

Iran: Pembicaraan Moskow Positif dan Konstruktif


Pejabat-pejabat Rusia dan Iran mengatakan mereka bermaksud melangsungkan pembicaraan lagi setelah menyelesaikan pertemuan dua hari di Moskow mengenai proposal untuk mengakhiri krisis nuklir Iran dengan pihak barat. Ketua delegasi Iran menggambarkan pembicaraan itu “positif dan konstruktif.” Kedua pihak mengatakan diskusi lebih jauh akan dilangsungkan di Teheran. Belum diumumkan tanggal berapa, tetapi para pejabat mengatakan pembicaraan mungkin dimulai lagi hari Kamis. Kedua pihak membahas proposal Rusia untuk mengizinkan Iran memperkaya Uranium di Rusia.

Direktur nuklir Rusia Sergei Kiriyenko hari Kamis akan berkunjung ke Iran untuk pembicaraan lebih jauh yang bertujuan mendobrak jalan buntu dengan pihak Barat lantaran kecurigaan atas program nuklir Iran. Rusia mengatakan terlalu dini untuk menyebut pembicaraan itu sukses atau gagal.

Rencana Iran memperkaya uranium di Rusia itu dimaksudkan untuk mengurangi keprihatinan pihak Barat bahwa Iran akan menggunakan proses itu untuk memproduksi bahan bagi pembuatan bom. Pembicaraan itu diadakan sebelum pertemuan Badan Energi Atom Internasional tanggal 6 Maret, yang bisa mengakibatkan Iran menghadapi kemungkinan sanksi di Dewan Keamanan PBB lantaran aktivitas nuklirnya.

XS
SM
MD
LG