Tautan-tautan Akses

Denmark Serukan Warganya Supaya Tinggalkan Indonesia dan Iran


Denmark telah menyerukan warganya supaya meninggalkan Indonesia dan Iran. Para perusuh telah menyerang kantor-kantor perwakilan diplomatik Denmark di Jakarta, Teheran, Beirut dan Damaskus, dan aksi protes telah berkobar di seantero Asia, Timur Tengah dan Afrika.

Sementara itu polisi Afganistan menewaskan empat demonstran sewaktu unjuk rasa terbaru di seantero dunia Islam itu, memrotes gambar karikatur Nabi Muhammad. Beberapa pengunjuk rasa cedera sewaktu polisi melepaskan tembakan saat demonstran berbaris menuju sebuah pangkalan militer Amerika hari ini di Qalat, Afganistan. Organisasi-organisasi Islam di Afganistan dan Indonesia, dan sejumlah negara lain telah menyerukan diakhirinya aksi protes dengan kekerasan itu.

Di Gedung Putih Presiden Bush dan Raja Abdullah Yordania juga menyerukan agar kekerasan itu dihentikan. Raja Abdullah mengatakan karikatur itu selayaknya dikutuk. Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice menuduh Syria dan Iran mengipas-ngipas perasaan anti-Barat di kalangan umat Islam bagi maksud-maksud mereka sendiri.

Presiden Prancis Jacques Chirac hari ini mengutuk suratkabar karena telah memuat ulang kariktur-karikatur itu, setelah sebuah mingguan Prancis memuatnya. Menteri Luar Negeri Indonesia Hassan Wirayuda mengatakan, kelompok-kelompok radikal meng-eksploitasi kemarahan umat Islam atas karikatur itu.

XS
SM
MD
LG