Tautan-tautan Akses

Kelompok Bersenjata Palestina Kepung Kantor Uni Eropa


Kawanan bersenjata Palestina mengepung kantor-kantor perwakilan Uni Eropa di daerah Gaza mengancam akan melakukan tindak kekerasan dan menuntut permintaan ma’af karena beberapa surat kabar di Eropa mencetak-ulang gambar karikatur Nabi Muhammad.

Beberapa surat kabar di negara anggota termasuk Spanyol, Prancis dan Jerman menerbitkan gambar kartun itu hari Rabu sebagai tanda solidaritas dengan kebebasan pers. Satu kartun menunjukkan Nabi Muhammad mengenakan serban yang mirip bom.

Militan bersenjata itu telah mengancam akan menjadikan warga Denmark, Prancis dan Norwegia di wilayah Palestina sebagai sasaran. Pemilik surat kabar Prancis FRANCE SOIR yang warga Prancis kelahiran Mesir telah memecat seorang redaktunya karena menerbitkan-ulang karikatur itu. Juru biara Wartawan Tanpa Perbatasan menghimbau kedua pihak supaya tenang.

Dalam pada itu – sebuah surat kabar mingguan Yordania SHIHAN telah menerbitkan 3 dari 12 kartun agar masyarakat Muslim melihat karikatur itu. Putusan surat kabar Denmark JYLLAND-POSTEN memuat kartun itu bulan September lalu yang menyebabkan protes Muslim sekarang.

XS
SM
MD
LG