Tautan-tautan Akses

Reaksi Para Politisi terhadap Pidato Bush Terbagi Menurut Garis Partai


Reaksi terhadap pidato kenegaraan Presiden Bush oleh para anggota Kongres, Senator dan pemimpin politik terbagi menurut garis partai. Para anggota partai Republik memuji pidato presiden mengenai politik luar negeri dan masalah-masalah dalam negeri.

Pemimpin mayoritas Senat Bill Frist mengutarakan pidato Bush bersifat welas asih dan berprinsip, dengan proposal-proposal yang menjamin kebebasan, kesehatan dan keamanan bagi rakyat Amerika di masa depan. Seorang anggota senior partai Republik, Senator Mitch McConnell yang mewakili negara bagian Kentucky, mengatakan Bush memperlihatkan sikap optimisme dan tekad "untuk menghadapi tantangan yang terbentang di muka” dalam sisa masa jabatannya selama 3 tahun di Gedung Putih.

Partai Demokrat yang beroposisi menanggapi lebih keras sikap presiden mengenai banyak masalah. Pemimpin anggota Senat dari partai Demokrat, Harry Reid berkomentarBush menggunakan kata-kata yang “berat namun basi” untuk menyembunyikan kegagalan-kegagalan pemerintahannya. Senator John Kerry dari Massachusetts, yang kalah terhadap Bush pada pemilu tahun 2004, Bush "membentangkan situasi negara yang amat berbeda dengan keadaan kehidupan yang dialami rakyat Amerika setiap harinya."

XS
SM
MD
LG