Tautan-tautan Akses

Moskow Menuduh Ukraina Menyelewengkan Gas Alam Senilai 25 Juta Dolar


Moskow menuduh Ukraina menyelewengkan gas alam 100 juta meter kubik senilai 25 juta dolar dari jaringan suplai Rusia yang melalui Ukraina ke Negara-negara Eropa lainnya. Ukraina menyangkal tuduhan itu.

Beberapa negara di Eropa mengatakan mereka mulai merasakan berkurangnya aliran gas alam dari Rusia, beberapa jam setelah Moskow menghentikan pasokan gas alam ke Ukraina karena sengketa harga. Para pejabat energi Austria, Hongaria, Polandia, dan Slowakia hari Minggu melaporkan turunnya suplai gas Rusia melalui pipa minyak yang melintasi Ukraina menuju Eropa. Menteri-menteri perminyakan Jerman, Italia, Prancis dan Austria telah mengirim surat kepada Moskow dan Kiev yang menyerukan agar mereka terus mengirim gas alam ke Eropa.

Uni Eropa akan bertemu hari Rabu untuk membahas situasi. Perusahaan gas milik pemerintah Rusia yang memiliki hak monopoli, Gazprom, menyalahkan pelayanan ke Eropa itu pada Ukraina yang dituduh mencuri gas dari pipa itu. Gazprom mengatakan akan mengajukan bukti hari ini. Kiev membantah tuduhan tersebut.

Rusia mulai mengurangi pengiriman gas alam ke Ukraina hari Minggu setelah Kiev menolak kontrak baru yang menaikkan harga menjadi empat kali lipat.

XS
SM
MD
LG