Tautan-tautan Akses

Tidak Ada Kemajuan dalam Perundingan Korea Utara dan Selatan


Perundingan tingkat kabinet antara Korea Utara dan Korea Selatan yang dimulai Selasa malam, Jumat ini telah berakhir dengan tidak ada infromasi mengenai keberhasilan dalam membujuk Pyongyang agar mau kembali ke pembicaraan 6 pihak mengenai program nuklir Korea Utara.

Para pejabat itu Jumat ini mengeluarkan pernyataan yang menjanjikan untuk bekerjsama dalam mencari penyelesaian secara damai atas masalah itu, tetapi pernyataan itu tidak menyebutkan apakah Pyongyang akan kembali ke pembicaraan tersebut. . Korea Utara menyatakan tidak akan turut dalam pembicaraan lebih lanjut apapun yang diadakan di Beijing mengenai masalah nuklir sampai AS mencabut embargo ekonominya.

Para pejabat AS mengatakan sanksi itu akan berakhir kalau Pyonyang menghentikan kegiatannya yang tidak syah, misalnya pemalsuan dan perdagangan gelap obat-obat terlarang. Pyongyang menyangkal tuduhan tadi. Mengenai masalah lain, kedua Korea mengatakan mereka mencapai persetujuan untuk mengadakan pembicaraan lagi tentang masalah militer, dan juga akan mengadakan pembicaraan tentang reunifikasi keluarga yang terpisah karena terpecahnya jaziah Korea.

XS
SM
MD
LG