Tautan-tautan Akses

Radang Paru-Paru Menyebar Luas di Kalangan Pengungsi Gempa Pakistan


Para pejabat Pakistan telah memperingatkan bahwa penyakit pneumonia atau radang paru-paru menyebar luas di kalangan orang-orang yang mengalami cuaca dingin sejak terjadi gempa bumi bulan Oktober yang mengakibatkan lebih dari 3 juta orang kehilangan tempat tinggal.

Para pejabat kesehatan mengatakan mereka telah melihat ratusan kasus penyakit itu, khususnya di kalangan anak-anak di daerah-daerah yang dilanda gempa di dataran tinggi Himalaya. Para pejabat PBB mengatakan para petugas bantuan mempersiapkan kemah-kemah di daerah-daerah yang lebih rendah bagi penduduk yang melarikan diri dari daerah-daerah pegunungan.

Salju dan hujan lebat jatuh di beberapa daerah gempa akhir pekan ini, menyebabkan operasi tugas bantuan terhenti. Jurubicara tentara mengatakan, helikopter-helikopter Pakistan dan NATO telah memulai penerbangan lagi hari Selasa, untuk mengangkut perbekalan penting ke daerah-daerah terpencil.

Badan-badan bantuan berlomba membawa tenda-tenda untuk tempat tinggal dan bahan pangan bagi mereka yang selamat untuk mencegah gelombang kematian lagi setelah terjadi gempa.

XS
SM
MD
LG