Tautan-tautan Akses

Amerika Tunda Adukan Nuklir Iran ke DK PBB


Amerika bersama sekutu diduga menunda rencana mengadukan program nuklir Iran kepada Dewan Keamanan PBB untuk kemungkinan mengenakan sanksi terhadap Iran. Diplomat-diplomat di Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengatakan wakil-wakil Amerika dan Eropa menyepakati penundaan itu guna memberi waktu lebih banyak kepada Russia membujuk Iran mencari kompromi mengenai aktivitas nuklirnya. Dewan Gubernur IAEA akan bersidang di Wina hari Kamis nanti.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika di Washington mengatakan, Amerika dan Eropa berusaha menarik Iran kembali ke meja perundingan yang terhenti bulan Agustus karena Iran melanjutkan konversi uranium dan dikecam masyarakat internasional. Amerika menuduh Iran hendak membuat senjata nuklir -- tuduhan yang dibantah Iran.

Seorang warga Iran di pengasingan, Alireza Jafarzadeh hari Senin menuduh Teheran membangun jaringan terowongan luas dengan bantuan Korea Utara guna menyembunyikan aktivitas nuklirnya. Jafarzadeh adalah bekas juru bicara Dewan Perlawanan Nasional Iran, kelompok yang oleh pejabat-pejabat Amerika dicap sebagai organisasi teroris.

XS
SM
MD
LG