Tautan-tautan Akses

PBB: Serangan Masih Terjadi di Darfur


Penasehat Khusus PBB untuk mencegah pembantaian (genosida), Juan Mendez mengatakan di ibukota Sudan, Khartoum, situasi di daerah Darfur, Sudan barat, masih gawat. Ia mengatakan tidak tampak ada kaitan antara janji Pemeritah Sudan untuk mengakhiri kekerasan dan kemajuan yang dicapai di lapangan.

Menurutnya, hampir semua desa di Darfur telah dihancurkan, dan pembunuhan, perkosaan serta segala macam perbuatan di luar hukum masih terjadi. Mendez menambahkan, milisi Janjaweed yaitu milisi Arab yang pro Pemerintah, masih tetap bersenjata dan terorganisir rapi.

PBB menyatakan pertempuran antara pemberontak, pemerintah dan milisi Janjaweed yang dituduh melakukan pembantaian telah menewaskan 10 ribu orang dan menyebabkan lebih dari 2 juta penduduk mengungsi dari rumah mereka sejak tahun 2003.

Seterusnya Juan Mendez mengatakan, ia dikecewakan Pengadilan Istimewa Sudan yang dibentuk untuk mengadili pelaku kekerasan. Menurutnya, pengadilan itu gagal menyidangkan kejahatan besar yang terjadi selama konflik di Darfur.

XS
SM
MD
LG