Tautan-tautan Akses

Topan Rita Tidak Melanda Kawasan Berpenduduk Padat


Topan Rita tidak melanda pusat-pusat populasi besar di sepanjang perbatasan Texas Louisiana ketika mencapai daratan Sabtu pagi, dan beberapa jam kemudian kekuatannya berkurang menjadi topan tropis. Meskipun kota kota kecil di pantai dilanda Rita, kota Houston dan New Orleans pada umumnya tidak tersentuh. Para pejabat federal mengatakan, evakuasi beberapa juta orang sebelum kedatangan Topan terbukti sukses, dan belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Namun Topan Rita menyebabkan banjir di wilayah-wilayah dataran rendah, dan lebih dari satu juta rumah kehilangan aliran listrik. Kota New Orleans yang belum pulih akibat Topan Katrina, tanggul kota mengalami kerusakan dan mengakibatkan banjir lagi di satu bagian kota. Para pejabat mengatakan, akan perlu beberapa pekan untuk memompa air sampai kering. Kerusakan kilang-kilang minyak di sepanjang pantai tampaknya kecil, meskipun para pejabat mengatakan, terlalu dini untuk mengetahui dampaknya pada harga bensin.

Sementara, Presiden Bush memperingatkan agar warga Texas dan Louisiana tidak pulang, meskipun kerusakan akibat Topan Rita tidak sebesar yang diperkirakan. Hari Sabtu Presiden memperingatkan, situasi di wilayah yang dilanda Topan masih berbahaya karena kemungkinan banjir. Pejabat Direktur Badan Pengelolaan Keadaan Darurat Federal David Paulison mengatakan, meskipun kecepatan angin sudah berkurang, hujan masih turun dengan lebat.

Seorang pejabat senior militer yang terlibat dalam upaya bantuan mengatakan, tim SAR telah dikerahkan sepanjang hari dan tidak menemukan orang yang perlu ditolong. Gubernur Lousiana Kathleen Blanco mengatakan, pemerintah negara bagian akan membantu keluarga-keluarga korban bencana. Ia mengatakan, masalah perumahan adalah yang paling mendesak setelah bencana Topan Rita dan Topan Katrina bulan lalu.

XS
SM
MD
LG