Tautan-tautan Akses

Topan Rita Diduga akan Melanda Texas Utara dan Pantai Barat-Daya Lousiana


Para peramal cuaca Amerika mengatakan topan Rita diduga akan melanda sampai Texas utara dan daerah pantai barat-daya Lousiana hari ini. Dinas Topan Nasional mengatakan topan yang sangat berbahaya itu membawa angin berkecepatan 225 kilometer per jam, dan angin topan tersebut meluas sampai 137 kilometer dari pusatnya.

Telah dikeluarkan peringatan, persiapan untuk melindungi jiwa dan harta benda hendaknya segera diselesaikan selekas mungkin. Presiden Bush akan berkunjung ke Texas untuk meninjau langsung persiapan menghadapi topan itu. Menurut ramalan, topan itu akan menimbulkan banjir di daerah pantai sampai setinggi 6 meter di atas tingkat pasang yang normal. Pusat topan Rita mungkin akan mencapai daerah pantai teluk Meksiko.

Para pejabat di Texas mengatakan hari ini ratusan ribu orang penduduk yang mengungsi dari daerah-daerah pantai telah menimbulkan kemacetan lalu lintas besar-besaran dan kekurangan bensin di sepanjang rute pengungsian, terutama di luar Houston, kota terbesar nomor 4. Peringatan badai tropis telah dikeluarkan di New Orleans dan daerah sekitarnya, yang masih berusaha pulih dari topan Katrina.

XS
SM
MD
LG