Tautan-tautan Akses

Bush Berjanji Pecat Setiap Asistennya Yang Terbukti Lakukan Kejahatan


Presiden Bush mengatakan ia akan memecat siapa saja dalam pemerintahannya yang telah “melakukan kejahatan” sementara tim penyelidik mengusut terbongkarnya identitas seorang agen rahasia CIA.

Presiden Bush berkata demikian dalam menjawab pertanyaan seorang wartawan hari Senin mengenai peranan yang mungkin dimainkan penasehat politiknya, Karl Rove, dalam terbongkarnya identitas agen CIA Valerie Plame kepada media.

Dewan juri sekarang menyelidiki apakah ada di antara pejabat pemerintah melanggar hukum yang dimaksudkan untuk melindungi identitas agen-agen rahasia. Suami Valerie Plame, diplomat karir Joseph Wilson, menuduh pejabat-pejabat Gedung Putih mengungkapkan identitas isterinya sebagai pembalasan karena ia mempertanyakan klaim pemerintahan Bush mengenai program senjata Irak pra-perang.

Komentar Presiden Bush hari ini mengumandangkan apa yang pernah dikemukakannya awal 2004 bahwa siapa saja yang telah melanggar hukum akan diberhentikan. Kemudian tahun itu, ia tampaknya menetapkan standar yang lebih luas, dengan mengisyaratkan siapa saja yang membocorkan nama agen rahasia akan dipecat.

XS
SM
MD
LG