Tautan-tautan Akses

Rasisme Masih Ada di Amerika


Masalah-masalah rasial terus memegang peran kunci dalam kehidupan di Amerika. Kurang dari dua pekan yang lalu, Senat Amerika menyatakan permintaan maaf kepada warga kulit hitam karena tidak mengambil tindakan selama seabad yang lalu untuk mencegah terjadinya ‘lynching.’ Lynching adalah penganiayaan, penggantungan, penembakan atau penikaman oleh massa. Dulu, pelaku kejahatan-kejahatan seperti ini tidak dihukum.

Ribuan warga kulit hitam Amerika tewas akibat lynching dari tahun 1880an sampai 1960an. Pada hari Senat menyatakan permintaan maaf, Mahkamah Agung membatalkan hukuman mati terhadap seorang warga kulit hitam, karena jaksa penuntut dengan sengaja menyingkirkan semua warga kulit hitam dari dewan yuri dalam sidang ini. Mulai sekarang, pemilihan yuri di Amerika harus mempertimbangkan factor ini. Ini adalah satu lagi upaya untuk membuat warga kulit hitam berpartisipasi penuh dalam kehidupan di Amerika. Beberapa pengadilan dilakukan akhir-akhir ini untuk kasus pembunuhan berdasar ras yang terjadi di Amerika bagian selatan lebih dari 40 tahun yang lalu, pada saat gencar-gencarnya gerakan Hak Sipil.

Waktu itu negara bagian tidak mau mengadilinya. Kalau pemerintah federal melakukannya, yuri setempat tidak mau menyatakan terdakwa bersalah. Tetapi yang berumur 80 tahun pekan lalu dinyatakan bersalah dalam pembunuhan tahun 1964 terhadap tiga orang pekerja hak sipil di luar kota Philadelphia, Mississippi. Dakwaan diajukan oleh negara bagian Mississippi. Yuri setempat, yang terdiri dari sembilan warga kulit putih dan tiga orang kulit hitam, menyatakan Killen bersalah, dan ia dijatuhi hukuman penjara 60 tahun. Berita mengenai vonis ini menjadi berita utama di seluruh Amerika. Vonis ini dapat dikatakan kecil, dan sudah sangat terlambat, tetapi menjadi lambang kemenangan dalam perang sejak lama melawan rasisme di Amerika. Empatpuluh satu tahun setelah kejadian, Killen baru diadili.

Pembunuhan terhadap ketiga orang aktivis hak sipil itu, dua warga kulit putih dan seorang kulit hitam, mencekam Amerika. Tahun 1964 ratusan orang datang ke Mississippi, negara bagian yang dengan resmi melakukan pemisahan antara warga kulit hitam dan kulit putih. Mereka datang untuk berpartisipasi dalam Freedom Summer, atau Musim Panas Kebebasan. Tujuan utamanya adalah mendukung tuntutan warga kulit hitam bagi hak untuk memilih. Perang Saudara mengakhiri perbudakan tahun 1865.

Tetapi seratus tahun kemudian, beberapa negara bagian tetap tidak memberikan kepada warga kulit hitam akses ke tempat umum, warga kulit hitam mendapat pendidikan di sekolah-sekolah yang kurang baik, dan sangat sulit bagi mereka untuk memberikan suara dalam pemilihan. Sistem segregasi, atau pemisahan ras, sering ditegakkan dengan kekerasan. Tahun 1960an, di bawah pimpinan Martin Luther King Jr., warga kulit hitam Amerika mempersoalkan sistem itu. Banyak warga kulit putih yang mendukung mereka, di badan-badan legislatif dan di lapangan.

Undang-undang Hak Asasi dan Undang-Undang Hak Pilih tahun 1964 dan 1965 menyingkirkan banyak perintang hak sipil untuk warga non-kulit putih. Tahun 1964 kurang dari tujuh persen warga kulit hitam di Mississippi terdaftar sebagai pemilih. Sekarang, 75 persen dari mereka terdaftar, dan separuh dari semua pejabat pilihan rakyat adalah orang kulit hitam. Ketika Undang-Undang Hak Pilih disahkan, di seluruh Amerika hanya ada sekitar 100 warga kulit hitam yang menduduki jabatan melalui pemilihan. Sekarang, jumlahnya hampir 10 ribu orang. Mengapa pengadilan Killen dilakukan begitu lama setelah terjadinya pembunuhan? Sebuah kelompok yang terdiri dari warga kulit hitam dan kulit putih di Philadelphia, Mississippi akhirnya berhasil menyeret Killen, yang sesumbar sendiri bahwa ia merencanakan pembunuhan itu, ke pengadilan, karena mereka ingin menghapuskan stigma ini dari kota mereka.

Apa arti semua ini? Artinya, ras masih merupakan masalah yang rumit di Amerika. Tetapi dalam isu-isu hukum penting, mayoritas warga Amerika mendukung usaha sekuat tenaga untuk mengurangi ketidaksetaraan, meskipun mungkin prosesnya menyakitkan dan memalukan. Tidaklah sehat untuk menutup-nutupi luka lama yang tidak pernah sembuh. Menjatuhkan hukuman 60 tahun penjara terhadap seorang manula, minta maaf dalam hal lynching, dan mengubah undang-undang mengenai susunan yuri, adalah tiga langkah kecil. Isu-isu sulit, terutama yang menyangkut ekonomi, tetap ada antara warga kulit putih dan kulit hitam di Amerika, dan sekarang dengan warga keturunan Hispanik, kelompok minoritas terbesar di Amerika. Warga keturunan Asia juga kadang-kadang mengalami diskriminasi ras.

Meskipun peristiwa-peristiwa yang baru terjadi menunjukkan bahwa di Amerika masih ada rasisme dan intoleransi, peristiwa-peristiwa itu juga menunjukkan kencenderungan Amerika untuk menempatkan penyakit-penyakit sosial dalam pengadilan terbuka. Warga Amerika lebih suka mengalami publisitas buruk daripada memendam masalah-masalah sosial yang ada. Mereka tahu bahwa hanya dengan cara inilah masalah-masalah yang ada akan dapat diselesaikan. (voa/howell/djoko)

XS
SM
MD
LG