Tautan-tautan Akses

Saddam Hussein Akan Diajukan ke Pengadilan Atas 12 Tuduhan Tindak Pidana


Irak mengatakan akan menuntut Saddam Hussein atas 12 tuduhan tindak pidana yang terdokumentasi dengan baik dari 500 tuduhan yang telah dipertimbangkan oleh pihak berwajib untuk diajukan terhadap bekas diktator yang dipenjarakan itu.

Menteri Luar Negeri Irak Hoshyar Zebari mengatakan, ada yang dikatakannya bukti melimpah terhadap mantan pemimpin Irak itu. Tanggal untuk sidang pengadilan itu belum ditetapkan, tetapi para pejabat memperkirakan sidang pengadilan akan diselenggarakan dalam waktu dua bulan.

Saddam Hussein diduga akan menghadapi tuduhan yang berkitan dengan serangan dengan menggunakan zat kimia terhadap desa Halabja yang berpenduduk suku Kurdi yang menewaskan 5000 orang, dan serbuan tahun 1990 terhadap Kuwait, serta penindasan yang menewaskan warga Muslim Shi’ah.

Juga hari Sabtu, militer Amerika memusnahkan tempat persembunyian luas di bawah tanah dan gudang senjata. Dan pihak berwajib Iraq mengumumkan tertangkapnya seorang lagi anggota senior Al Qaida di Iraq pimpinan Abu Musab Al Zarqawi. Dan ledakan bom di jalan menewaskan seorang tentara Amerika di dekat Kirkuk.

XS
SM
MD
LG