Tautan-tautan Akses

Departemen Pertahanan AS Kutuk Penerbitan Foto-Foto Saddam di Penjara


Departemen pertahanan Amerika telah mengutuk penerbitan foto-foto Saddam Hussein yang menunjukkan bekas diktator itu berada dalam keadaan setengah telanjang dalam selnya di penjara Irak.

Kata jurubicara militer, pembuatan foto-foto itu jelas melanggar peraturan departemen pertahanan dan kemungkinan juga melanggar konvensi Jenewa tentang perlakuan terhadap tawanan. Amerika katanya, akan menyelidiki sampai tuntas sumber foto-foto itu, yang agaknya dibuat kira-kira satu tahun yang lalu.

Pengacara Saddam Hussein mengatakan tim-nya akan mengajukan tuntutan hukum terhadap orang yang bertanggung-jawab atas pembocoran foto-foto itu. Surat kabar Inggris ‘The Sun’ katanya mendapat foto-foto itu dari sumber-sumber militer Amerika yang ingin menjatuhkan moral para pemberontak di Irak.

Foto-foto yang menunjukkan Saddam hanya mengenakan celana dalam, dimuat dalam harian Inggris ‘The Sun’ dan koran tabloid Amerika ‘New York Post’. Saddam Hussein diperkirakan akan diadili tahun ini atas tuduhan pembunuhan bangsa, penyiksaan dan kejahatan atas umat manusia. Kalau terbukti, dia bisa dijatuhi hukuman mati.

XS
SM
MD
LG