Tautan-tautan Akses

Jepang dan Cina Saling Menyalahkan Aksi Protes Anti Jepang yang Terjadi di Cina


Ribuan demonstran anti Jepang berdemo di Shanghai
Jepang dan Cina saling menyalahkan dalam kaitan dengan aksi protes anti Jepang yang telah berkobar di kota-kota di Cina, dan kedua pihak menuntut permintaan maaf.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hiroyuki Hosoda mengatakan, Cina seyogyanya tidak membiarkan demonstrasi dan kekerasan terjadi. Katanya, adalah sangat disesalkan tidak ada permintaan maaf diberikan dalam pertemuan di Beijing hari Minggu kemarin antara menteri luar negeri kedua negara.

Di Beijing hari ini, Senin, Wakil Menteri Luar Negeri Cina, Wu Dawei mengatakan, hubungan diplomatik antara kedua negara berada pada titik ternedah dalam lebih dari 30 tahun, dan yang harus dipersalahkan adalah Tokyo. Jika ada yang harus minta maaf, kata diplomat Cina itu kepada para wartawan, maka itu adalah Jepang.Cina mengatakan, tidak ada yang perlu dimintai maaf – dan bahwa Jepang telah menciptakan masalah yang ada sekarang ini dengan mengesahkan buku pelajaran sejarah yang mengecilkan keterlibatan Jepang dalam kekejaman yang pernah dilakukan di Cina pada masa sebelum dan selama PD II, lebih dari enam dasawarsa yang lalu.

XS
SM
MD
LG