Tautan-tautan Akses

Kamboja Sepakati Berbagai Kerjasama dengan Tiongkok


Perdana Menteri Kamboja Hun Sen (kiri) berjalan berdampingan PM Tiongkok Wen Jiabao.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen (kiri) berjalan berdampingan PM Tiongkok Wen Jiabao.

Pada hari pertama lawatan lima harinya ke Tiongkok, Perdana Menteri Hun Sen menandatangani berbagai kesepakatan infrastruktur dan pinjaman keuangan.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen telah menandatangani lebih dari selusin kesepakatan yang mencakup infrastruktur dan pinjaman keuangan pada hari pertama lawatan lima harinya ke Tiongkok.

Hun Sen tampil di hadapan wartawan bersama Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao sebelum mengadakan pembicaraan dan menandatangani kesepakatan tersebut pada hari Senin. Hun Sen juga akan bertemu Presiden Hu Jintao dalam lawatannya di Beijing.

Sebelum meninggalkan Phnom Penh, Hun Sen mengatakan ia berharap akan menerima bantuan untuk pembangunan sebuah jalan raya dan dua jembatan, serta sebuah pembangkit listrik tenaga batubara.

Tiongkok merupakan sumber bantuan besar bagi Kamboja sementara Beijing berusaha memperluas pengaruhnya di Asia Tenggara. Amerika juga berusaha untuk memperluas pengaruhnya di kawasan tersebut. Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton telah berkunjung ke Vietnam beberapa kali tahun ini dan berhenti di Kamboja dalam lawatannya bulan lalu.

XS
SM
MD
LG