Tautan-tautan Akses

Warga Bulgaria Beri Penghormatan Wartawan TV yang Diperkosa dan Dibunuh


Wartawati televisi Bulgaria, Viktoria Marinova (30 tahun) tewas dibunuh setelah diperkosa.
Wartawati televisi Bulgaria, Viktoria Marinova (30 tahun) tewas dibunuh setelah diperkosa.

Warga Bulgaria Senin malam (8/10) memadati acara untuk menghormati dan mengenang seorang wartawati televisi yang diperkosa dan dibunuh di Sunai Donau, di kota Ruse, setelah melaporkan tentang korupsi di Bulgaria.

Ratusan warga yang berduka, yang sebagian menangis, meletakkan lilin, karangan bunga mawar dan foto Viktoria Marinova, wartawan malang itu, di kaki sebuah monumen di kota Ruse.

Otorita berwenang menemukan mayat Marinova yang berusia 30 tahun hari Sabtu (6/10) di dekat sungai di bagian utara kota itu. Polisi mengatakan ia telah dicekik.

Marinova adalah direktur TVN, sebuah stasiun TV di Ruse, dan sekaligus pembawa acara dua program investigatif. Program terakhirnya memaparkan tentang dugaan korupsi yang melibatkan dana Uni Eropa.

Di ibukota Sofia, warga yang berduka berkumpul di luar sebuah gereja. Salah seorang diantaranya, Kristina Petkov, mengatakan warga Bulgaria “sama sekali tidak mempercayai” otorita berwenang. Ditambahkannya, “apapun hasil penyelidikan terhadap kematian Marinova, orang tidak akan mempercayainya.” (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG