Tautan-tautan Akses

AS

Wamenlu AS Bertemu Dubes China


Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman bertemu dengan Duta Besar China yang baru Qin Gang di Washington D.C. 12 Agustus 2021. (Foto: Akun Twitter Wakil Menteri Luar Negeri Wendy Sherman)

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Wendy Sherman, bertemu dengan duta besar China yang baru untuk Amerika, Qin Gang pada Kamis (12/8) di Washington DC.

“Deputi Menlu mengkaji isu-isu dari pertemuannya dengan pejabat China di Tianjin bulan lalu dan mengungkapkan komitmen AS untuk melanjutkan pembahasan,” demikian pernyataan Departemen Luar Negeri.

Sebelum ditunjuk sebagai duta besar, Qin adalah wakil menlu yang bertanggungjawab untuk urusan Eropa. Qin dua kali menjabat sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

Ia dikenal sebagai “serigala petarung” sebuah istilah menggambarkan diplomat China yang dikenal mempunyai sikap agresif terhadap negara-negara Barat.

Qin menggantikan Cui Tiankai, yang bertugas selama delapan tahun dan menjadi duta besar China untuk AS yang paling lama menjabat.

Hubungan antara AS dan China merenggang pada tahun-tahun terakhir berkaitan dengan isu pertikaian perdagangan, pembersihan etnis terhadap warga Uighur di Xinjiang, dan pengambil-alihan kendali atas Hongkong, serta pandemi COVID-19 yang dimulai dari kota Wuhan.

Presiden Biden telah bertekad untuk tidak mengijinkan China menggantikan AS sebagai pemimpin global selama masa jabatannya. [jm/mg]

Lihat komentar (9)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG