Tautan-tautan Akses

Wabah Corona: Penerbangan Sewaan dan Evakuasi Diplomat Melonjak


Para pelawat menunggun pesawat sewaan yang dipesan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Bandara La Aurora, Guatemala City, Selasa, 24 Maret 2020.(Foto: AP)
Para pelawat menunggun pesawat sewaan yang dipesan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Bandara La Aurora, Guatemala City, Selasa, 24 Maret 2020.(Foto: AP)

Amerika Serikat “mempertimbangkan semua opsi” untuk membantu warganya pulang dari negara-negara yang menghentikan penerbangan atau menutup perbatasan untuk membendung penyebaran virus corona.

Ribuan warga Amerika kini terkatung-katung di luar negeri dan sangat ingin pulang ke Amerika Serikat di tengah pandemi global COVID-19.

“Pada 23 Maret, kami memperkirakan jumlah warga Amerika yang saat ini mencari bantuan dengan repatriasi sekitar 13.500,” kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri Amerika.

Selasa (24/3), seorang pejabat senior mengatakan Departemen Luar Negeri Amerika telah mengevakuasi atau mengizinkan keberangkatan sukarela anggota staf non-darurat dan anggota keluarga mereka dari 17 pos diplomatik di luar negeri.

Warga Amerika didorong untuk menggunakan penerbangan komersial untuk kembali ke Amerika selagi moda transportasi udara itu masih tersedia, kata pejabat senior itu. Setelah itu, pesawat militer dan carter pribadi – melalui dana khusus resmi dari kongres untuk keadaan darurat yang tak terduga – akan digunakan untuk membantu mereka pulang.

Amerika juga menyediakan call center yang beroperasi 24 jam setiap hari untuk membantu: 888-407-4747 (di dalam negeri) atau 202-501-4444 (dari luar negeri). [lt/pp]

XS
SM
MD
LG