Tautan-tautan Akses

Tsunami Hantam Greenland, 4 Tewas


Gunung es terlihat dari Pulau Ammassalik di Greenland selatan. (Foto: dok). Kepolisian Greenland mengatakan, tiga orang dewasa dan seorang anak di desa Nuugaatsiaq dipastikan tewas akibat tsunami yang melanda wilayah pantai barat wilayah pulau Artik tersebut, 21 Juni 2107.

Bendera Greenland dikibarkan setengah tiang di berbagai penjuru Denmark untuk menyatakan turut berkabung atas tewasnya empat warga Greenland akibat tsunami di sebuah desa di pantai barat wilayah pulau Artik itu.

Juru bicara kepolisian Lars Kirkegaard mengatakan, tiga orang dewasa dan seorang anak di desa Nuugaatsiaq dipastikan tewas akibat bencana alam itu.

Perdana Menteri Greenland Kim Kielsrn mengatakan, ini merupakan bencana buruk karena menelan korban jiwa.

Bendera Greendland memang bisa dikibarkan pada tanggal 21 Juni karena itu merupakan Hari Nasional Greendland. Namun, karena musibah yang terjadi, semua bendera dikibarkan setengah tiang.

Hingga berita ini diturunkan, tim SAR belum menemukan korban tewas. Proses pencarian untuk sementara dihentikan karena kabut, es dan arus laut yang kencang. Polisi mengatakan, pencarian akan kembali dilanjurkan bila cuaca mendukung.

Greenland adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara. Pulau ini merupakan yang terbesar di dunia dan termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Greenland memiliki hak otonomi penuh sehingga memiliki pemerintahan tersendiri. [ab/as]

XS
SM
MD
LG