Tautan-tautan Akses

AS

Trump Berusaha Menarik Kembali Basis Pendukungnya


Presiden AS Donald Trump berbicara di Cedar Rapids, Iowa, Rabu (21/6).

Trump tampaknya sangat santai ketika menghadiri reli mirip kampanye di Cedar Rapids, Iowa, Rabu (21/6) lalu.

“Sangat senang bisa meninggalkan rawa Washington itu dan bersama dengan rakyat yang bekerja keras,” kata Trump kepada pendukungnya.

“Kita menyebut Anda patriot Amerika, orang-orang luar biasa,” tambahnya.

Kegembiraan Trump bisa bertemu kembali dengan pendukungnya yang jadi basis politiknya bisa dipahami mengingat anjloknya popularitas dirinya dalam berbagai jajak pendapat.

Lima bulan setelah menjabat, popularitas presiden mendekati 40 persen, angka yang rendah untuk seorang presiden yang baru menjabat. Tetapi berbagai survei juga memperlihatkan, pendukung inti Trump, seperti yang hadir dalam reli di Cedar Rapids minggu ini tetap mendukung dirinya, dan presiden berterima kasih atas hal itu.

Reli Trump ini diselenggarakan sehari setelah Karen Handel, kandidat Republik untuk DPR dari sebuah distrik di Georgia memenangkan pemilihan, padahal Demokrat menduga mereka bisa menang.

Kemenangan Karen Handel membuat fihak Demokrat berduka. Sejak Trump jadi presiden, partai Republik memenangkan 4 dari 5 pemilihan untuk Kongres. Meskipun Demokrat kalah dengan selisih lebih sedikit di distrik yang cenderung Republik, banyak yang mengungkapkan kekecewaan. Sepertinya sebuah strategi yang berupaya mempurukkan Trump tidak efektif.

“Ada keresahan besar dan meskipun Demokrat tidak menang sekarang, pada 2018 situasi ini akan berubah,” kata Joe Crowley, anggota DPR dari New York, dan ketua kaukus Demokrat di DPR.

Mereka hendak meneruskan fokus pada Trump. “Kita punya presiden paling buruk dan paling berbahaya dalam sejarah negara kita,” kata Senator dari Vermont Bernie Sanders.

Tetapi ada pula kalangan Demokrat yang menginginkan perubahan dan agar generasi pemimpin partai Demokrat yang lebih muda mengambil alih kepemimpinan partai.

Kekalahan Demokrat dalam pemilihan khusus baru-baru ini meskipun Trump terlihat lemah dalam jajak pendapat menyebabkan partai Demokrat harus melakukan introspeksi diri. [jm]

XS
SM
MD
LG