Tautan-tautan Akses

Sutradara Rusia Serebrennikov Divonis Bersalah Lakukan Penggelapan


Sutradara film dan teater terkemuka Rusia, Kirill Serebrennikov, mengenakan masker saat disidang di pengadilan Meshchansky, Moskow, 26 Juni 2020.

Sebuah pengadilan Moskow, Jumat (26/6) memvonis sutradara film dan teater terkemuka Rusia, Kirill Serebrennikov, bersalah melakukan penggelapan, dalam kasus lama yang menurut para pengecam adalah kasus yang dibuat-buat.

Hakim memutuskan bahwa Serebrennikov, 50, dan dua terdakwa lainnya, bersalah menyalahgunakan dana negara untuk membiayai sebuah proyek teater bernilai 129 juta rubel atau sekitar 2 juta dolar.

"Serebrennikov, (Yury) Itin, dan (Konstantin) Malobrodsky melakukan tindakan yang ditujukan untuk memperkaya pribadi” dan sebagai grup bertindak menyesatkan para pegawai kementerian kebudayaan, kata hakim Olesya Mendeleyeva, menurut seorang koresponden AFP di pengadilan.

Terdakwa keempat dalam kasus itu, Sofia Apfelbaum, “tidak mengetahui” penggelapan itu, kata hakim.

Jaksa awal pekan ini meminta pengadilan untuk menjatuhkan hukuman enam tahun penjara kepada Serebrennikov, tetapi hakim mungkin perlu waktu lama untuk mencapai putusan tentang hukuman itu dalam pembacaan vonisnya.

Serebrennikov, yang memimpin salah satu teater terkemuka di Moskow, the Gogol Centre, ditangkap pada tahun 2017. Kasus terhadapnya hampir saja batal tahun lalu sewaktu hakim mengembalikan berkasnya ke jaksa karena masalah “inkonsistensi.”

Kasusnya kemudian diperiksa ulang oleh hakim baru, dan jumlah uang yang diduga digelapkan diubah sedikit dari 133 juta rubel menjadi 129 juta rubel.

Hakim pada hari Jumat mendukung klaim jaksa bahwa Serebrennikov mengatur pencurian uang negara yang dialokasikan untuk proyek Platforma yang ia pimpin antara tahun 2011 dan 2014.

Serebrennikov dan para terdakwa lainnya menegaskan mereka tidak bersalah. Serebrennikov pekan ini menyebut tuduhan bahwa ia mencuri uang itu “menggelikan.” [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG