Tautan-tautan Akses

Supir Bis Sekolah New York Akhiri Aksi Mogok


Para pengemudi bis sekolah New York dan petugas lainnya mengakhiri aksi mogok kerja yang telah berlangsung selama sebulan, Jumat (16/2).
Para pengemudi bis sekolah New York dan petugas lainnya mengakhiri aksi mogok kerja yang telah berlangsung selama sebulan, Jumat (16/2).
Pemogokan bis sekolah yang berlangsung sebulan penuh, yang berdampak pada puluhan ribu siswa di distrik sekolah terbesar di Amerika, berakhir hari Jumat (15/2). Aksi tersebut berakhir setelah para calon Walikota New York meyakinkan para pemimpin Serikat Buruh, bahwa aspirasi mereka akan didengar setelah pemilihan Walikota tahun ini.

Para pemimpin Serikat Buruh Transportasi AS - Amalgamated Transit Union (ATU) - mengatakan pelayanan untuk bis-bis sekolah New York akan kembali beroperasi hari Rabu depan, bersamaan dengan dimulainya lagi sekolah sesudah libur pertengahan musim dingin.

Sekitar 8.000 pengemudi bis sekolah dan petugas lainnya mogok kerja tanggal 16 Januari lalu, karena isu perlindungan kerja. Serikat Buruh (ATU) menghendaki pihak pemerintah kota mencantumkan perlindungan bagi karyawan dalam kontraknya di masa depan dengan perusahaan bis, tapi Walikota Michael Bloomberg mengatakan, pengadilan melarang pemerintah kota berbuat demikian.

Pemogokan supir bis sekolah itu adalah yang pertama terjadi di kota itu sejak tahun 1979.
XS
SM
MD
LG