Tautan-tautan Akses

Sumbangan “frequent flyer miles” untuk pengungsi


Para demonstran memegang poster saat berpartisipasi di pawai “Keluarga Harus Bersama: Kebebasan untuk Imigran” di Los Angeles, 30 Juni 2018.
Para demonstran memegang poster saat berpartisipasi di pawai “Keluarga Harus Bersama: Kebebasan untuk Imigran” di Los Angeles, 30 Juni 2018.

Sebuah organisasi nirlaba Miles4Migrants di Amerika menggunakan “frequent flyer miles” untuk membantu menyatukan keluarga yang terpisah karena “perang dan persekusi”.

Sejak dimulai hampir dua tahun lalu, organisasi itu telah mengumpulkan 3, 1 juta “frequent flyer miles” yang dihadiahkan oleh perusahaan penerbangan kepada pengguna jasa penerbangan. Tapi dalam delapan hari terakhir Miles4Migrants tiba-tiba mendapat sumbangan 24 juta mil, karena adanya sebuah pesan Twitter dari seorang perempuan.

“Suami saya banyak bepergian. Ruginya: ia jarang di rumah. Tapi untungnya: ia mendapat banyak frequent flyer miles. Kami baru saja menggunakan sebagian fasilitas gratis itu untuk menerbangkan seorang anak laki-laki berumur tiga tahun dan ayahnya, yang terpisah di perbatasan dengan Meksiko, dari Michigan.”

Cuitan itu ditulis oleh Beth Wilensky, seorang profesor ilmu hukum di Universitas Michigan, yang telah mengikuti nasib 55 orang anak-anak yang dipisahkan dari keluarga mereka di perbatasan Amerika-Meksiko dan kemudian dibawa ke Michigan.

Ia baru saja menyumbangkan sebuah kursi bayi untuk dipasang di mobil, ketika ia melihat sebuah postingan di internet yang mengatakan “Kami perlu frequent flyer miles. Ada yang bisa menyumbang?”

Wilensky punya banyak pengikut di Twitter yang mungkin punya banyak “frequent flyer miles” untuk disumbangkan. Ternyata cuitannyanya itu menjadi viral dan menarik banyak penyumbang.

Ketika pemerintah Amerika memerintahkan pemisahan anak-anak dari orang tua mereka di perbatasan dengan Meksiko, ribuan anak-anak terpisah dari orang tua mereka, dan Miles4Migrants segera beroperasi di tingkat nasional.

Dengan jumlah sumbangan 24 juta mil penerbangan, Miles4Migtrants bisa membeli 1.250 tiket pesawat.

Nicole Paraggio mula-mula menyumbang fasilitas terbangnya untuk membantu seorang ibu dengan dua anak untuk pergi ke Eropa bergabung dengan suaminya. Beberapa waktu kemudian Paraggio mendapat surat dari suami pengungsi itu yang mengucapkan terima kasih tidak terhingga atas bantuannya. [ii]

XS
SM
MD
LG