Tautan-tautan Akses

Suhu Tinggi Terus Landa Kawasan Baratdaya AS


Warga manula tetap menjaga suhu tubuhnya dan aktivitasnya di kelas tap dance di lingkungan yang berpenyejuk udara di sebuah pusat aktivitas manula, 24 Juni 2017.
Warga manula tetap menjaga suhu tubuhnya dan aktivitasnya di kelas tap dance di lingkungan yang berpenyejuk udara di sebuah pusat aktivitas manula, 24 Juni 2017.

Meskipun temperatur sempat mengalami penurunan hari Jum’at di Los Angeles, gelombang panas yang mematikan yang telah merenggut setidaknya enam jiwa di beberapa bagian di baratdaya AS terus berlanjut.

Gelombang panas yang mematikan yang telah merenggut setidaknya enam jiwa di beberapa bagian di baratdaya AS terus berlanjut.

Meskipun temperatur sempat mengalami penurunan hari Jum’at di Los Angeles, warga bersiap untuk menghadapi musim panas yang panjang dan panas.

Pesawat terbang dilarang terbang di suatu saat di awal pekan ini di Pheonix, karena temperatur di beberapa bagian di baratdaya AS melambung hingga 45 derajat Celsius atau lebih, dari Tucson di Arizona hingga Palm Springs di California.

Pusat perlindungan dari udara panas dan pusat kemasyarakatan

Warga telah berusaha sebisa mungkin agar terlindung dari udara panas, dengan memanfaatkan pusat perlindungan dari udara panas di taman-taman dan pusat kemasyarakatan di seluruh kawasan tersebut.

Pusat aktivitas manula yang berpendingin udara di Canoga Park yang terletak di pinggiran kota Los Angeles menawarkan pendampingan dan perlindungan dari udara panas.

Empat wanita tampak bersantai sambil main domino, sementara di bagian pusat manula tersebut, selusin wanita tampak aktif terlibat dalam kelas tap dancing.

Mereka akan baik-baik saja selama berada di dalam ruangan, ujar pusat aktivitas manula Karin Haseltine, namun ia mewanti-wanti terlalu banyak aktivitas di luar ruangan pada hari yang panas bisa berbahaya baik bagi orang tua maupun anak-anak kecil.

Haseltine berkata banyak manula khawatir akan pembengkakan biaya tagihan listrik akibat penggunaan pendingin udara yang tinggi.

“Mereka tidak berani menyalakan penyejuk udara, karena tagihannya akan tinggi sekali,” ujar Haseltine.

Di dalam pusat aktivitas itu, dimana udaranya sejuk, para manula tetap aktif, berpartisipasi dalam kelas tap dancing dan yoga.

Udara panas dituduh penyebab korban jiwa

Kebakaran di berbagai lokasi telah melanda di seluruh bagian Barat, dan temperatur yang sangat tinggi dituduh sebagai penyebab timbulnya beberapa korban jiwa di Nevada, Arizona, dan California

Hewan juga berada dalam keadaan bahaya.

Pekerja kebun binatang telah menyiramkan air ke arah gajah-gajah di Kebun Binatang Pheonix. Pihak berwenang juga memperingatkan orang tua dan pemilik hewan peliharaan untuk tidak meninggalkan hewan dan anak mereka di dalam mobil, dimana temperatur dengan cepat dapat melambung hinga mencapai tingkat mematikan.

Di sebuah pusat manula yang berpenyejuk udara di Los Angeles, relawan manula Rosalie mengatakan mereka memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama berada di dalam ruangan.

“Mereka tidak perlu khawatir akan ketidaknyamanan, atau jatuh sakit,” ujarnya, serta mereka dapat makan siang dan beraktivitas bersama teman-temannya.

Semantara yang lainnya berbuat sebisa mungkin untuk mendapatkan kesejukan di luar ruang, mulai dari bersantai di bawah peneduh hingga membasahi diri di air mancur-air mancur umum.

Lokasi untuk kembali menyegarkan diri yang dibuat seadanya menawarkan air dalam botol. Temperatur yang mendekati rekor tertinggi diperkirakan awal pekan depan, dan warga mengatakan mereka telah siap siaga untuk menghadapi udara panas pada musim panas ini. [ww]

XS
SM
MD
LG