Tautan-tautan Akses

Sosialis Menang dalam Pemilu Spanyol


Perdana Menteri Spanyol dan candidate Partai Sosialis Pedro Sanchez ditemani istrinya Maria Begona Gomez, melambaikan tangan kea rah para pendukungnya yang berkumpul di markas besar partai itu untuk menunggu hasil pemilu di Madrid, 28 April 2019.

Partai Sosialis berhaluan kiri-tengah yang berkuasa di Spanyol telah memenangkan pemilu di negara itu pada Minggu (28/4), tapi perlu mencari dukungan dari partai-partai lebih kecil untuk mempertahankan kekuasaan. Sementara partai berhaluan kanan-jauh mendapat dukungan besar tak terduga yang memungkinkannya memasuki majelis rendah parlemen untuk pertama kalinya dalam empat dasawarsa.

Dengan 99 persen suara yang sudah dihitung, partai Sosialis yang dipimpin Perdana Menteri Pedro Sanchez memperoleh 29 persen suara, merebut 123 kursi dari 350 kursi di Kongres Deputi atau majelis rendah. Partai baru Vox yang berhaluan kanan-jauh melakukan terobosan dengan memperoleh 10 persen suara, yang akan memberinya 24 kursi.

Sanchez mengumumkan bahwa dia akan segera melakukan pembicaraan dengan partai-partai politik lain, mengatakan kepada massa yang berkumpul di gerbang markas partainya di Madrid bahwa "masa depan menang dan masa lalu kalah." [vm]

XS
SM
MD
LG