Tautan-tautan Akses

Laurie Simmons Sutradarai dan Bintangi Sendiri film "My Art"


Laurie Simmons pada salah satu adegan dalam filmnya. (Courtesy: lauriesimmons.net)

Selama lebih dari empat dekade photograper terkenal Laurie Simmons telah mendobrak batas-batas kreativitasnya. Kini dengan film panjang pertamanya My Art, seniman usia 68 tahun ini menuju arah baru.

Laurie Simmons adalah ibu dari aktris dan pencipta serial "Girls" yang diputar pada jaringan televisi HBO. Simmons dikenal sebagai seniman yang menyoroti perbedaan gender terutama pada perempuan.

Pada film My Art, Simmons, menulis naskah, menyutradarai dan memerankan sendiri tokoh utamanya Ellie. Ellie mengungsi dari kota besar dengan persaingannya yang sangat berat ke rumah peristirahatan ke kota kecil. Ia ingin menemukan kembali bakat dan jiwa seninya.

Ellie bukan hanya mengasah kembali jiwa seninya namun juga menarik segala hal di sekitarnya dan mengilhami penduduk setempat untuk mencari kreativitas mereka sendiri.

"Sebagai artis dan dengan penuh kasih saya katakan, semua seniman adalah vampire, menyedot segala yang ada di sekitar mereka demi membuat karyanya" kata Simmons. Dalam film ini para karyawan yang mengurus rumah peristirahatan itu dengan senang hati mengikuti visi Ellie untuk menjadi bagian dari karya seni Ellie.

Simmons menjelaskan beratnya memutuskan apakah ia harus memerankan tokoh Ellie.

"Apakah harus saya atau aktor. Kami mulai syuting bulan Maret 2015 namun bulan Februari belum tahu apakah akan memerankannya sendiri, tapi begitu keputusan dibuat saya sangat yakin memerankan Ellie. Saya merasa sudah menulisnya selama bertahun-tahun dan sangat mengenal baik Ellie, caranya bergerak, bukan berarti saya seorang aktor melainkan karena saya seorang seniman".

Meskipun ini film panjang pertama Simmons namun pada tahun 2006, Simmons telah membuat film pertamanya berdurasi 45 menit The Music of Regret. Film ini dianggap sebagai perluasan karya photograpinya dimana ia menghidupkan obyek-obyek photonya dengan melibatkan musisi, penari, seniman boneka kayu profesional, tokoh sinematografi Hollywood Ed Lachman, dan aktris Meryl Streep.

Film My Art kini sedang diputar di situs "Film Movement", situs online yang menawarkan film-film independen bermutu dan dalam proses untuk diputar di gedung-gedung bioskop. [my/jm]

XS
SM
MD
LG