Tautan-tautan Akses

Senegal Jadi Negara Afrika Pertama Tuan Rumah Olimpiade Pemuda


Presiden Senegal Macky Sall berpidato dalam sesi ke 133 Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Buenos Aires, Argentina, 8 Oktober 2018.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah memilih Senegal sebagai tuan rumah Olimpiade Pemuda 2022. Senegal menjadi negara pertama di Afrika yang menyelenggarakan Olimpiade.

Presiden Senegal Macky Sall hadir saat OIC mengumumkan pilihan itu, Senin (8/10), di Argentina yang sedang berlangsung Olimpiade Pemuda 2018.

Berbagai pertandingan dalam Olimpiade Pemuda 2022 akan diadakan di tiga kota, yaitu Ibu Kota Senegal, Dakar, kota baru bernama Diamniadio yang terletak dekat ibu kota, dan Kota Saly, sebuah resor pesisir.

Christophe Dubi, direktur eksekutif pertandingan Olimpiade IOC, menerangkan kepada wartawan, anggaran Olimpiade itu diperkirakan sekitar $150 juta.

Persiapannya termasuk membangun stadion baru olimpiade berkapasitas 50 ribu tempat duduk, jalur kereta api, dan perkampungan atlit yang akhirnya akan dialihkan menjadi pemondokan universitas.

Presiden IOC Ugur Erdener menyebut ekonomi Senegal yang sedang melonjak sebagai alasan Senegal mengalahkan Botswana, Nigeria dan Tunisia. Tetapi satu anggota IOC dari Afrika mengatakan seluruh benua Afrika akan membantu mensukseskan olimpiade itu nanti. [al]

XS
SM
MD
LG