Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Serukan Bantu Pakistan Urus Pengungsi Afghanistan


Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: dok).

Sekjen PBB Antonio Guterres bertemu para pemimpin Pakistan dan menyampaikan pidato pada sebuah konferensi internasional, Senin (17/2), untuk memperingati empat dekade dukungan Pakistan bagi para pengungsi Afghanistan.

Pada hari kedua dalam lawatan tiga harinya ke Pakistan itu, Guterres mendesak masyarakat internasional untuk mendukung negara-negara yang menampung jutaan pengungsi dari Afghanistan yang dikoyak perang.

Guterres mengatakan, meski menghadapi masalah, dan memperoleh dukungan terbatas dari komunitas internasional, Pakistan telah selama 40 tahun menampung pengungsi Afghanistan, dan menjadi negara penampung pengungsi Afghanistan terbesar kedua di dunia.

PBB memperkirakan sekitar 4,6 juta orang Afghanistan, termasuk 2,6 juta yang tercatat sebagai pengungsi, masih terpaksa hidup di luar Afghanistan. Sekitar 90 persen dari mereka ditampung Pakistan dan Iran.

Sejumlah pejabat Pakistan mengatakan, 1,3 juta imigran Afghanistan lainnya juga berada di Pakistan karena alasan ekonomi, tanpa diakui secara resmi sebagai pengungsi.

Sekjen PBB itu mengatakan, Pakistan memainkan peran penting dalam memfasilitasi proses perdamaian AS-Afghanistan dan dalam merealisasikan apa yang disebutnya peluang bersejarah bagi terciptanya perdamaian di negara yang dikoyak perang itu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG