Tautan-tautan Akses

Sekjen NATO: Latihan di Norwegia Ingin Siapkan "Pertahanan yang Kredibel”


Sebuah pesawat tempur F/A 18E Super Hornet tinggal landas dari kapal induk AL AS, USS Harry S. Truman sebagai bentuk dukungan terhadap latihan yang disebut Trident Juncture 18 di Laut Norwegia, 25 Oktober 2018 (Courtesy: AL AS via Reuters)

Sekjen NATO hari Selasa mengatakan yakin kedua aliansi militer Barat dan Rusia "akan bertindak secara bertanggung jawab" ketika kedua pihak melakukan latihan di wilayah yang sama di perairan lepas pantai Norwegia.

Jens Stoltenberg ketika menghadiri latihan perang Trident Juncture di negaranya Norwegia mengatakan "ini bukan situasi Perang Dingin," dan menekankan latihan itu murni untuk pencegahan bukan memprovokasi konflik.

Rusia telah diberi pengarahan singkat oleh NATO mengenai latihan-latihan itu dan diundang untuk memantaunya, tetapi langkah itu masih membuat marah orang-orang Rusia.

Moskow sebelumnya memperingatkan pihaknya bisa terpaksa menanggapi peningkatan kegiatan militer NATO dan mengatakan angkatan lautnya berencana untuk menguji rudal di perairan internasional, di dekat tempat aliansi NATO melakukan latihan militer terbesarnya sejak akhir Perang Dingin.

Uji coba rudal Rusia akan berlangsung 1-3 November di lepas pantai Norwegia barat sedangkan latihan NATO yang dijadwalkan akan berakhir 7 November itu, berlangsung di Norwegia tengah dan timur, Atlantik Utara dan Laut Baltik.

Manuver tersebut dilakukan di tengah ketegangan yang terus berlangsung antara NATO dan Rusia, dan Rusia yakin aliansi ini bertindak provokatif di dekat perbatasannya. [my]

Recommended

XS
SM
MD
LG