Tautan-tautan Akses

AS

Sedikitnya 13 Tewas Akibat Lumpur Longsor di California


Seorang anggota tim "Long Beach Search and Rescue" melakukan pencarian korban pada sebuah mobil yang tertimpa pohon yang roboh di Montecito, California, Selasa, 9 Januari 2018.

Banjir bandang dan lumpur longsor menewaskan sedikitnya 13 orang dan menghancurkan sejumlah rumah di Kabupaten Santa Barbara, yang terletak di sebelah utara Los Angeles, di mana kebakaran hutan bulan lalu memusnahkan pohon-pohon dan vegetasi lainnya.

Jumlah korban tewas kemungkinan meningkat seiring meluasnya pencarian korban, Rabu (10/1), menyusul kedatangan tim-tim SAR dari kabupaten tetangganya, Los Angeles, serta dari Garda Pantai, Garda Nasional dan badan-badan penegak hukum lainnya.

Tim-tim SAR menggunakan helikopter dan anjing-anjing untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak di dalam rumah atau dalam genangan lumpur setinggi lutut. Puluhan orang yang belum berhasil dievakuasi dilaporkan hilang.

Sherif Kabupaten Santa Barbara Bill Brown mengatakan, prioritas utamanya adalah memastikan apakah masih ada orang yang hidup di bawah reruntuhan bangunan, Ia mengatakan, sedikitnya puluhan rumah hancur atau rusak berat, dan banyak rumah terletak di lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.

Juru bicara Kabupaten Santa Barbara David Villalobos mengatakan, kebanyakan korban tewas ditemukan Montecito, sebuah kawasan perumahan orang-orang kaya di mana jalan-jalannya berubah menjadi sungai lumpur dan tertutup bongkahan batu-batu besar dan batang-batang pohon. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG