Tautan-tautan Akses

Ribuan akan Dievakuasi dari Empat Kota yang Terkepung di Suriah Utara


Orang-orang yang dievakuasi dari Madaya, dekat Damaskus, tiba di kota Idlib, Suriah, 15 April 2017.

Sekitar 3.000 orang akan dievakuasi hari Minggu dari empat kota yang terkepung di Suriah utara sebagai bagian dari perjanjian yang tertunda selama 24 jam karena sebuah ledakan bom yang menewaskan dan melukai banyak orang.

Mereka yang dievakuasi berasal dari desa Fouad an Kfaryam yang pro-pemerintah, dan kota Zabadani dan Madaya yang dikuasai pemberontak. Keempat kota itu telah terkepung dalam dua tahun terakhir.

Badan Pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris hari Minggu mengatakan sekitar 120 bus dan ambulans telah menuju ke Foua dan Kfaryam untuk membantu warga mengungsi ke Aleppo.

Evakuasi itu dilakukan setelah ledakan sebuah bom mobil yang menarget sebuah iring-iringan bus yang sedang mengangkut warga ke tempat yang aman di wilayah Rashideen, dekat Aleppo.

Pemantau Suriah itu mengatakan sedikitnya 126 orang tewas dalam serangan itu, dan jumlah korban diperkirakan akan bertambah. Sebagian besar korban merupakan warga dua desa Syiah yang dikepung oleh ekstremis selama beberapa bulan. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG