Tautan-tautan Akses

Rekening Politisi Oposisi Rusia Navalny dan Rekannya Dibekukan


Politisi oposisi Rusia Aleksei Navalny bersama istrinya, Yulia, politisi oposisi Lyubov Sobol dan para demonstran lainya melakukan aksi unjuk rasa di jalanan kota Moskow, 29 Februari 2020.

Politisi oposisi Rusia Aleksei Navalny mengatakan rekeningnya, rekening istri, anak-anak, orang tuanya serta ketua Yayasan Antikorupsi (FBK) pimpinannya telah dibekukan tanpa penjelasan, dalam langkah yang bertujuan untuk mendiskreditkan dan mempermalukannya.

Pengritik keras Kremlin itu menulis di situs internetnya hari Selasa (3/3) bahwa rekening bank serta kartu debit keluarganya, serta kartu milik pimpinan FBK Ivan Zhdanov dan keluarganya, telah diblokir.

Pada saat bersamaan, Navalny mengatakan ia mendapat informasi bahwa miliarder Oleg Deripaska, yang memiliki hubungan erat dengan pemimpin Rusia, menggugatnya dengan alasan yang tidak diketahui.

Menurut Navalny dan Zhdanov, cek di rekening bank daring mereka menunjukkan keduanya memiliki saldo negatif sekitar 1,13 juta dolar.

Navalny menuduh Presiden Vladimir Putin merencanakan hal tersebut. Ia dengan membekukan rekeningnya dan rekening rekannya, Kremlin berupaya menghambat aktivitas FBK pada waktu banyak orang Rusia yang semakin kecewa terhadap pemimpin Rusia yang sekarang.

Navalny dan FBK secara rutin menerbitkan Materi yang mengungkap properti mewah dan kekayaan para pejabat Rusia, dan menuduh mereka korupsi. Namun tak satu laporanpun yang mendorong pemerintah melakukan investigasi hukum.Navalny, yang gigih mencari bukti korupsi di tingkat tertinggi politik Rusia, mendirikan FBK pada tahun 2011. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG