Tautan-tautan Akses

Presiden Tsai Ing-wen: Taiwan "Sudah Merdeka"


Presiden Taiwan Tsai Ing-wen melambaikan tangan ke arah para pendukungnya setelah memenangkan pilpres, di Taipei, Taiwan, 11 Januari 2020. (Foto: Reuters)

China harus menerima bahwa Taiwan sudah merdeka, kata Presiden Tsai Ing-wen. Dia juga memperingatkan Beijing bahwa segala upaya untuk menyerang pulau demokrasi akan "sangat mahal".

Tsai memenangkan masa jabatan kedua pada akhir pekan dengan rekor 8,2 juta suara. Hasil pilpres itu dipandang sebagai teguran keras atas kampanye China untuk mengisolasi pulau yang punya kekuasaan sendiri.

China tidak merahasiakan keinginannya untuk mengusir Tsai ketika dia dan partainya menolak untuk mengakui pandangan mereka bahwa pulau itu adalah bagian dari sistem "satu Chinaā€¯.

China menganggap Taiwan sebagai wilayahnya sendiri dan pada suatu hari bersumpah untuk merebutnya jika perlu - terutama jika Taiwan menyatakan kemerdekaan.

Tetapi dalam wawancara pertamanya sejak pemilihan ulang pada Sabtu (11/1/2020), Tsai mengatakan, tidak perlu secara resmi menyatakan kemerdekaan karena pulau itu sudah berjalan sendiri.

Taiwan modern telah dijalankan secara terpisah dari daratan China selama 70 tahun terakhir. [ps/ft]

Lihat komentar (2)

Recommended

XS
SM
MD
LG