Tautan-tautan Akses

Presiden Perancis Janjikan Pemberantasan Korupsi Menyeluruh


Presiden Perancis Francois Hollande (kiri) dan Menteri Anggaran, Jerome Cahuzac di Paris (foto: dok). Jerome Cahuzac mengaku memiliki rekening hasil korupsi di bank asing.
Presiden Perancis Francois Hollande (kiri) dan Menteri Anggaran, Jerome Cahuzac di Paris (foto: dok). Jerome Cahuzac mengaku memiliki rekening hasil korupsi di bank asing.

Ini diumumkan Hollande, sehari setelah mantan Menterinya, Jerome Cahuzac mengaku memiliki rekening rahasia di bank asing yang berisi ratusan ribu euro.

Presiden Perancis Francois Hollande telah menjanjikan langkah-langkah anti-korupsi baru yang menyeluruh, sehari setelah mantan menteri anggarannya mengaku memiliki rekening rahasia di bank asing yang berisi ratusan ribu euro.

Dalam rekaman pidato yang ditayangkan di televisi hari Rabu, Presiden Hollande mengatakan ia akan mengajukan RUU yang mengharuskan para menteri dan anggota parlemen untuk mengumumkan dan menerbitkan rincian kekayaan pribadi mereka, dan akan mengambil langkah-langkah untuk memperkuat kemandirian kehakiman.

Presiden Hollande juga menambahkan para pejabat publik yang didapati bersalah melakukan kecurangan atau korupsi akan dilarang memegang jabatan publik untuk selamanya.

Hari Selasa, Jerome Cahuzac – yang meletakkan jabatan sebagai Menteri Anggaran dua pekan lalu - secara resmi dituduh melakukan “pencucian hasil kecurangan” setelah mengaku bahwa ia memiliki rekening bank yang dirahasiakan di Swiss, yang berisi sekitar 600 ribu euro atau sekitar 770 ribu dollar Amerika.

Cahuzac sebelumnya membantah tuduhan-tuduhan itu dengan mengatakan ia sudah sekitar 20 tahun memiliki rekening tersebut.

Recommended

XS
SM
MD
LG