Tautan-tautan Akses

Polisi Belgia Geledah Klub-kub Sepakbola


Pusat Pelatihan Neerpede, tempat berlatih klub sepakbola Belgia Anderlecht di Brussels, Belgia 10 Oktober 2018.(REUTERS/Francois Walschaerts)

Skandal korupsi besar-besar menyeruak di dunia persepakbolaan Belgia setelah pihak berwenang, Rabu (10/10), menggelar 57 penggerebekan di negara itu dan kawasan Eropa lainnya sebagai bagian dari penyelidikan korupsi dan pengaturan pertandingan.

Kantor jaksa federal Belgia mengatakan, 44 penggerebekan dilakukan di berbagai penjuru Belgia, sementara 13 lainnya di Perancis, Luksemburg, Siprus, Montenegro, Serbia dan Macedonia.

Pernyataan kantor kejaksaan menyebutkan, penyelidikan selama setahun di dunia sepakbola menunjukan adanya bukti-bukti operasi keuangan ilegal yang dilakukan agen-agen olahraga dan praktik mempengaruhi pertandingan.

“Pengaturan pertandingan merusak integritas olahraga. Departemen Kehakiman mengusahakan pertandingan olahraga yang jujur adil,” kata Menteri Kehakiman Belgia, Koen Geens.

Penyelidikan tak terduga itu berlangsung hanya tiga bulan setelah tim sepakbola nasional Belgia mencapai semifinal Piala Dunia dan meraih urutan ketiga di turnamen yang diselenggarakan di Rusia itu.

Menurut media setempat, agen terkenal Belgia, pelatih klub Brugge Ivan Leko dan mantan pejabat klub sepakbola Anderlecht termasuk di antara mereka yang diinterogasi. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG