Tautan-tautan Akses

Polisi Belarus Tangkap Ratusan Demonstran Anti-Pemerintah


Seorang perempuan didorong oleh polisi Belarus, mencoba membela diri saat demo menentang oposisi di Minsk, 25 Maret 2017.

Polisi anti-huruhara di Belarus hari Sabtu (25/3) melancarkan penumpasan besar-besaran terhadap para demonstran yang berupaya berunjukrasa di Minsk. Ratusan orang dilaporkan telah ditangkap, dan seorang pemimpinn gerakan HAM mengatakan banyak di antara mereka yang ditangkap telah dipukul oleh polisi dan sangat membutuhkan perhatian medis.

Sekitar 700 orang berupaya melangsungkan demonstrasi di pusat ibukota, sebagai bagian dari gelombang demonstrasi anti-pemerintah menentang pajak baru bagi pekerja.

Sejumlah truk yang dipadati polisi mencegat para demonstan dan menyerang mereka dengan pentungan.

Beberapa saksi mata mengatakan warga sipil tidak bersenjata juga diserang, dan seorang wartawan Reuters mengatakan sedikitnya 10 wartawan ditangkap.

Sebelumnya pada Sabtu pagi pejabat-pejabat kelompok oposisi Vesna-96 mengatakan polisi menggerebek markas mereka di ibukota dan menangkap sekitar 60 aktivis. Mereka kemudian dibebaskan, tetapi belum ada pernyataan resmi atas insiden tersebut.

Awal pekan ini Presiden Belarus Aleksandr Lukashenko mengatakan puluhan militan yang berencana “melakukan provokasi bersenjata” telah ditangkap di Minsk dan di beberapa tempat lain di bekas republik Uni Sovyet itu. [em]

XS
SM
MD
LG