Tautan-tautan Akses

Polandia Hentikan Impor Pasokan Gas dari Rusia


Kantor Pusat Gazprom, Rusia. (Foto: dok)

Perusahaan gas negara Polandia, Jumat (15/11) menyatakan telah memberitahu perusahaan Gazprom milik Rusia bahwa mereka tidak akan memperpanjang kesepakatan impor gas jangka panjang yang akan berakhir dalam tiga tahun mendatang.

Pengumuman itu muncul saat Polandia sedang berupaya mengurangi ketergantungannya pada sejumlah sumber energi Rusia, yang kadang-kadang digunakan oleh Moskow sebagai alat tekanan politik terhadap negara-negara mitranya.

Upaya mengurangi ketergantungan itu termasuk penandatanganan beberapa kontrak pengiriman gas alam cair jangka panjang dari Amerika Serikat, Qatar dan negara-negara lainnya, serta mengembangkan sebuah jaringan pipa baru dengan Norwegia untuk sejumlah pengiriman dari Laut Utara.

Perusahaan Polandia, PGNiG, menyatakan bahwa, sejalan dengan ketentuan-ketentuan kesepakatan, pihaknya telah mengirim pemberitahuan kepada Gazprom, perusahaan milik negara Rusia, bahwa mereka akan mengakhiri kontrak pada 31 Desember 2022. Disebutkan juga Polandia akan tetap memiliki energi yang cukup setelah tanggal tersebut.

Polandia telah berulang kali mengemukakan persyaratan keuangan kontrak Gazprom tidak menguntungkan dan membayar lebih mahal daripada negara lain di Eropa.

Polandia menggunakan sekitar 14 miliar meter kubik gas per tahun. Kontrak dengan Gazprom itu mewajibkan Polandia untuk mengimpor sekitar 10 miliar meter kubik gas dari Gazprom per tahun. [mg/lt]

XS
SM
MD
LG