Tautan-tautan Akses

PM Baru Perancis Bela Penunjukan Menteri yang Dituduh Memerkosa


Perdana Menteri baru Perancis, Jean Castex. (Foto: dok).

Perdana menteri baru Perancis, Rabu (8/7), membela keputusannya untuk mencalonkan seorang koleganya yang dituduh memerkosa sebagai menteri dalam negeri.

Dukungan Perdana Menteri Jean Castex terhadap Gerald Darmanin ini muncul menyusul protes-protes yang diajukan kelompok-kelompok advokasi hak perempuan, dan kecaman-kecaman terhadap Presiden Emmanuel Macron yang dinilai gagal memenuhi janjinya untuk memprioritaskan kesetaraan antara lelaki dan perempuan.

Kepada stasiun televisi BFM, Castex mengatakan, ia bertanggung jawab sepenuhnya atas penunjukan Darmanin di Kementerian Luar Negeri yang sebelumnya menjabat sebagai menteri anggaran. “Seperti halnya orang-orang lain, ia memiliki hak atas praduga tak bersalah,” kata Castex.

Darmanin sedang dalam penyelidikan pendahuluan atas tuduhan pemerkosaan yang ia bantah dengan keras. Kantor Macron menyatakan, penyelidikan itu bukanlah rintangan bagi penunjukan Darmanin untuk posisi barunya yang membawahi kepolisian dan lembaga-lembaga penegakan hukum lainnya.

Penyelidikan yang baru dibuka kembali itu didasarkan pada gugatan hukum tahun 2017 dari seorang perempuan yang menuduh Darmanin memerkosanya sewaktu perempuan itu meminta bantuan hukum darinya pada tahun 2009. Darmanin, pejabat tertinggi Perancis yang dituduh melakukan pelanggaran seksual di era MeToo, mengatakan, hubungan intimnya dengan perempuan itu konsensual. Ia menggugat perempuan itu karena telah mencemarkan nama baiknya. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG