Tautan-tautan Akses

Plexiglass Dipindahkan dari Panggung Debat Presiden


Seorang petugas membersihkan kaca pembatas plexiglass yang dipasang di podium debat capres AS 2020, di Nashville, Tennessee, 21 Oktober 2020.
Seorang petugas membersihkan kaca pembatas plexiglass yang dipasang di podium debat capres AS 2020, di Nashville, Tennessee, 21 Oktober 2020.

Presiden Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat Joe Biden pada Kamis (22/10) malam, melakukan debat terakhir yang bisa menjadi peluang terbaik calon petahana untuk mengubah persaingan dengan hanya 12 hari tersisa menjelang hari pemilu.

Mengingat pandemi yang telah mengubah norma masyarakat Amerika dan secara mendasar mengubah kampanye itu, pada Rabu (21/10) kaca pembatas plexiglass dipasang di atas panggung di antara kedua kandidat. Namun, beberapa jam sebelum debat, kaca tersebut disingkirkan.

Biden dan Trump sama-sama dites Covid-19 pada Kamis (22/10) dan hasilnya negatif.

Debat di Nashville menampilkan debat nasional terakhir mereka untuk menguraikan visi yang sangat berbeda untuk sebuah negara yang berada dalam cengkeraman pandemi dan telah menewaskan lebih dari 225 ribu orang Amerika dan menghapuskan jutaan pekerjaan.

Terlepas dari tantangan bersejarah ini, persaingan keduanya umumnya tetap tidak berubah dengan Biden unggul di banyak negara bagian penting sementara Trump menghadapi kekurangan dana kampanye dan, yang terpenting, waktu.

Debat terakhir sering kali berperan besar dalam hasil pemilu. Namun, debat Kamis (22/10) malam akan berbeda dari sebelumnya.

Lebih dari 46 juta orang telah memberikan suaranya karena era pandemi dengan memilih lebih awal. Dalam pemilihan yang didominasi oleh presiden yang terpolarisasi, pemilih yang belum memutuskan pilihannya jauh berkurang dari ketika pemilu pada 2016. [my/pp]

XS
SM
MD
LG