Tautan-tautan Akses

Pesawat Kembar NASA di Bulan Sengaja Ditabrakkan


Garis putih menunjukkan jalur penerbangan terakhir untuk pesawat kembar NASA di bulan. (Foto: NASA)
Garis putih menunjukkan jalur penerbangan terakhir untuk pesawat kembar NASA di bulan. (Foto: NASA)

NASA sengaja menabrakkan pesawat luar angkasa kembar yang telah menyelesaikan misi di bulan.

Badan antariksa Amerika NASA mengatakan pesawat luar angkasa kembar dengan misi memetakan bulan telah menyelesaikan tugas mereka dan sengaja ditabrakkan ke tepi kawah bulan.

Pihak berwenang mengatakan pesawat peneliti yang diberi nama Ebb dan Flow menghantam permukaan bulan Senin sore, waktu Amerika timur, dalam fase terakhir misi GRAIL NASA. Pesawat antariksa kembar itu menghantam gunung dekat kutub utara bulan, mengakhiri misi sukses mereka.

Ebb dan Flow sengaja ditabrakkan karena tidak lagi memiliki ketinggian atau bahan bakar yang cukup untuk terus beroperasi.

NASA mendedikasikan lokasi kecelakaan itu untuk mengenang anggota tim misi Sally Ride, perempuan Amerika pertama yang ke antariksa dan meninggal awal tahun ini. Sengaja dipilih lokasi kecelakaan itu jauh dari tempat pendaratan Apollo di bulan dan tempat-tempat lain yang bersejarah.

Kedua pesawat antariksa itu bukanlah yang pertama yang ditabrakkan di bulan. Situs web misi GRAIL NASA menyebutkan 12 pesawat antariksa Amerika, Uni Soviet dan Jepang ditabrakkan ke permukaan bulan antara 1959 dan 1993.
XS
SM
MD
LG