Tautan-tautan Akses

AS

Perempuan AS Ditangkap, Dituduh Bantu Al-Qaida


Mobil Biro Penyelidik Federal AS (FBI) terparkir di luar gedung FBI, di Washington D.C, 18 April 2019.

Seorang perempuan AS yang dituduh berusaha menyediakan bantuan materi kepada kelompok teroris al-Qaida, ditangkap pekan lalu di Kota Phoenix, negara bagian Arizona.

Departemen Kehakiman AS dalam pernyataannya, Jumat (24/7), mengatakan Jill Marie Jones dari Chandler, Arizona, ditangkap pada Rabu (22/7) di bandara Phoenix sebelum dia sempat melakukan perjalanan untuk bergabung dengan al-Qaida.

Menurut sebuah laporan kriminal yang diajukan oleh Biro Investigasi Federal (the Federal Bureau of Investigation/FBI), Jones berkomunikasi dengan dua agen FBI yang menyamar.

Jones mengira salah seorang di antaranya merupakan anggota al-Qaida. Dalam komunikasi dengan sosok yang diduga anggota al-Qaida itu, Jones setuju untuk mengirimnya uang untuk membeli teropong senapan yang akan digunakan oleh al-Qaida untuk membunuh tentara AS.

Menurut laporan FBI itu, pada Mei, Jones memberi orang yang diduga anggota al-Qaida itu $500 dalam bentuk kartu atau gift card.

“Jones membeli tiket pesawat untuk bergabung dengan al-Qaida di Afghanistan, tapi karena ada penutupan bandara, dia mengubah tujuannya menjadi Turki," kata pernyataan Departemen Kehakiman itu.

Ditambahkannya bahwa "Jones berencana melanjutkan perjalanan ke Suriah." [vm/ft]

XS
SM
MD
LG