Tautan-tautan Akses

Penyanderaan di Ukraina Berakhir, Tak Ada yang Terluka


Anggota polisi operasi khusus berjaga di depan kantor pos, tempat seorang laki-laki melakukan penyanderaan di Kharkiv, Ukraina, 30 Desember 2017.

Sembilan orang yang disandera di kantor pos di kota terbesar kedua di Ukraina, telah dibebaskan dan penyandera ditangkap, kata polisi setempat, Sabtu (30/12).

Kepala Polisi Ukraina Serhiy Knyazev mengatakan tidak ada yang terluka dalam penyanderaan di Kharkiv itu.

Polisi tidak mengatakan apakah penyerang, yang menyatakan memiliki senjata api dan bahan peledak, mengajukan tuntutan khusus.

Laporan awal menyebutkan laki-laki tersebut menahan 11 orang, tetapi polisi Kharkiv mengatakan setelah penyanderaan itu selesai bahwa ia menyandera sembilan orang.

Mereka mengatakan penyandera awalnya membebaskan tiga perempuan dan dua anak setelah melakukan pembicaraan. Seorang anak laki-laki yang diwawancarai dalam video yang diunggah wartawan Ukraina mengatakan, laki-laki itu mengaku mengidap tumor otak dan memperlakukan sandera dengan baik, menawarkan mereka teh atau kopi.

Empat sandera lain dibebaskan ketika polisi menyerbu kantor pos itu. Stasiun televisi Ukraina menyiarkan rekaman penyandera yang dikawal keluar dari gedung oleh polisi. Jika terbukti bersalah, ia terancam hukuman 15 tahun penjara.

Dalam pernyataan di Facebook, Presiden Petro Poroshenko berterima kasih kepada polisi dan dinas keamanan nasional karena ambil bagian dalam operasi tersebut.[ka]

XS
SM
MD
LG