Tautan-tautan Akses

Penjualan Rumah Baru AS Meningkat pada Februari


Penjualan rumah baru di AS naik tipis 1,1 persen ke tingkat tahunan 640.000 selama bulan Februari 2023 (foto: ilustrasi).
Penjualan rumah baru di AS naik tipis 1,1 persen ke tingkat tahunan 640.000 selama bulan Februari 2023 (foto: ilustrasi).

Penjualan rumah baru di Amerika Serikat meningkat pada bulan Februari, kata Departemen Perdagangan Kamis (23/3). Kenaikan permintaan itu sebagian didorong oleh kurangnya pasokan rumah di pasaran.

Penjualan rumah baru naik tipis 1,1 persen ke tingkat tahunan 640.000 bulan lalu, kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Angka itu merupakan kenaikan dari tingkat 633.000 pada Januari.

Tapi secara keseluruhan, sektor properti – yang sensitif terhadap suku bunga – telah terhuyung-huyung karena Federal Reserve menaikkan suku bunga pinjaman beberapa kali hingga mencapai rekor tertinggi selama setahun terakhir untuk mengatasi inflasi yang tinggi.

Dibandingkan dengan perkiraan untuk Februari 2022, angka terakhir itu lebih rendah 19 persen, kata Departemen Perdagangan.

Harga jual rata-rata rumah baru di pasaran pada bulan Februari adalah $438.200 (sekitar Rp6,8 miliar) naik dari bulan Januari.

Para analis telah mencatat bahwa data bulanan dapat berubah-ubah, dan mengatakan kurangnya inventaris rumah yang sudah eksis di pasar sebagai faktor yang mendorong pembeli untuk beralih ke properti baru.

Pasar untuk rumah baru jauh lebih kecil daripada pasar rumah yang sudah eksis di Amerika. [lt/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG