Tautan-tautan Akses

Pengadilan Jerman akan Putuskan Mengenai Larangan Mobil Diesel


Para aktivis lingkungan "Greenpeace" berpakaian putih-putih melakukan aksi protes terhadap polusi udara oleh gas buang diesel di kota Stuttgart, Jerman selatan (19/2) (Foto: ilustrasi).

Pengadilan Jerman diperkirakan akan memutuskan hari Selasa (27/2) mengenai apakah kota-kota dapat melarang mobil diesel untuk menurunkan polusi udara, keputusan yang berdampak terhadap jutaan pemilik mobil di negara yang menciptakan mobil bermesin diesel itu.

Pengadilan Administrasi Federal di Leipzig berencana mengumumkan keputusannya tengah hari dalam sidang banding yang diajukan oleh dua negara bagian Jerman yang menentang keputusan pengadilan rendah yang menyatakan larangan mengendarai mobil diesel yang asapnya sangat kotor adalah baik dan sebaiknya dipertimbangkan.

Baca juga: Pengadilan Jerman Tangguhkan Larangan Mobil Diesel di Kota-kota

Para aktivis lingkungan sebelumnya menggugat puluhan kota Jerman dengan argumentasi bahwa kota-kota mempunyai kewajiban mengurangi polusi udara untuk melindungi kesehatan warga.

Mobil diesel mengeluarkan asap nitrogen oksida atau NOX yang menyebabkan penyakit pernafasan dan ribuan kematian prematur setiap tahun.

Para pejabat mengatakan akan sulit menegakkan larangan penggunaan hanya mobil-mobil tertentu. [gp]

XS
SM
MD
LG